DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Libur sekolah dan puasa adalah perpaduan paling nyaman buat bermalas-malasan di rumah. Padahal, buat kamu para pemain basket, ada banyak banget drill latihan selama puasa yang bisa kamu lakukan. Salah satunya seperti tips dari Coach Dimaz Muharri dan Coach Ibnu Zakaria Dwi Nanda dari DBL Academy.

Menurut jurnal “Exercise in the fasted state facilitates fibre type-specific intramyocellular lipid breakdown and stimulates glycogen resynthesis in humans” oleh K. De Bock, Berolahraga saat puasa sangatlah baik. Hal ini dikarenakan kadar insulin berada di tingkat paling rendah. Dengan begitu, tubuh akan memproduksi hormon yang membantu untuk membakar lemak dan memperkuat otot.

Oleh karenanya, Coach Nanda, sapaan akrab Ibnu Zakaria Dwi Nanda menyarankan untuk melakukan latihan cardio seperti lari atau jogging selama 30 menit. Lebih bagus lagi ketika melakukan latihan tersebut sambil melakukan dribbling.

Daripada kamu cuman tiduran di kamar, mendingan kamu mencoba untuk melakukan dribbling di depan kaca kamar. Meski terlihat simpel, latihan ini sangat bagus untuk melihat bagaimana dribble-mu. Dengan begitu, kamu bisa mengoreksi apa yang salah dan meningkatkan apa yang sudah tepat.

“Ingat, dribble itu bukan aksesoris. Melainkan fundamental yang wajib kamu kuasai. Salah satunya untuk menerobos pertahanan lawan,” ujar Coach Dimaz Muharri.

Selain dribbling, fundamental lain yang bisa kamu latih di rumah adalah passing. Kamu bisa ajak anggota keluargamu untuk berlatih passing sambil ngabuburit. Cobalah untuk memadukan berbagai jenis passing. Mulai dari passing dengan satu tangan, dua tangan, chest pass, hingga bounce pass. Tambahkan juga sedikit variasi seperti passing dengan dribbling, atau bermain seperti permainan tradisional kucing-kucingan.

Selain kekuatan tembakan, follow through adalah salah satu poin penting yang wajib kamu biasakan saat melakukan tembakan. Saat menembak, usahakan agar mengangkat tanganmu setinggi kepala. Hal ini akan berpengaruh pada dorongan dan power tembakan. Lalu, tetap jaga posisi lengan lurus dengan tangan yang membentuk leher angsa. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan putaran bola yang bagus yang membuat bola lebih stabil.

Lakukan follow through ke atas dan tangkap kembali bolanya. Kamu bisa melakukan latihan ini dengan berdiri maupun tiduran. Semakin kamu sering melakukan hal ini, tubuh akan secara otomatis melakukan follow trough yang bagus dan membuat tembakanmu makin akurat.

Biar lebih paham, kamu bisa tonton video Tricky Tricks by DBL Academy di bawah ini. 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)