ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Saat berolahraga dengan mobilitas yang tinggi seperti basket, cedera menjadi momok yang paling ditakuti oleh para pemainnya. Salah satunya dalah cedera ankle. Menurut  dr. Paul Setiawan, Sp.OT, ahli bedah tulang dari National Hospital, Surabaya RICE bisa menjadi cara paling tepat untuk proses penyembuhan cedera.

“RICE adalah singkatan dari rest, Ice, compressed, dan elevation. Dengan menggunakan Teknik ini, nyeri cedera akan segera sembuh. Serta dapat mempercepat penyembuhan,” ujarnya. 

No pain no gain. Quotes ini jadi salah satu lambang kerja keras para pemain basket baik ketika bermain di lapangan maupun latihan. Hal ini wajar adanya kok, tapi ketika cedera harus dihindari. Rasa sakit yang dialami akibat cedera adalah sinyal dari tubuh bahwa ada yang tidak beres dibagian tertentu. Salah satunya ketika cedera ankle.

Nah, ketika mengalaminya, kamu wajib berhenti bermain ya. Jangan dipaksakan. Karena, cederamu akan semakin parah kalau tetap kamu paksakan untuk bermain.

Setelah berhenti, step yang wajib kamu lakukan adalah memberikan es ke lokasi cederamu. Ingat, balsam bukan pain relief yang baik untuk bagian tubuh yang cedera. Karena, panas yang dihasilkan kurang optimal dalam mereduksi nyeri di cederamu.

Lakukan pemberian es selama 10 menit. Lalu, biarkan selama 10 menit setelah pemberian es. Lanjutkan proses secara berkala hingga rasa sakit cedera berkurang. Sangat disarankan untuk melakukan proses ini selama 24 jam pasca cedera.

Next step, balut daerah cederamu menggunakan untuk mengurangi bengkak dengan perban elastis. Bukan tanpa alasan, perban elastis tidak akan mengganggu aliran darah di lokasi cederamu.

Jika di daerah cedera yang kamu balut berwarna biru dan terasa kesemutan, kendurkan balutan perbanmu. Pasalnya itu adalah tanda bahwa daerah cederamu kekurangan suplai darah akibat balutan perban yang terlalu ketat.

Langkah terakhir, lakukan elevation yaitu dengan meletakkan lokasi badan yang cedera diatas jantung kamu. Tujuannya adalah untuk mengurangi rasa sakit, berdenyut, hingga memar yang diakibatkan setelah mengalami cedera.

Gampang banget kok caranya. Kamu tinggal rebahan di tempat yang datar. Lalu, letakkan dua bantal atau lebih sehingga posisi ankle-mu berada diatas jantung. CDC (Center fo Desease Control and Prevention) Amerika Serikat sangat menyarankan proses ini loh!

 

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS