ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Dari DBL Indonesia untuk Merah Putih
Empat Alumni Honda DBL All-Star Perkuat Timnas di Kejuaraan Dunia FIBA 3x3
DBL Indonesia - 04 June 2019
Dari kiri, Adelaide Wongso, Sophia Rebecca, Valencia Angelique dan Amelia Ryan. Keempat Alumni Honda DBL Indonesia All-star Ini akan mewakili Indonesia di FIBA 3x3 World Cup 2019

Honda DBL kian meneguhkan posisi sebagai ”penghasil” pemain untuk tim nasional Indonesia. Hari ini (4/6), empat jebolan kompetisi basket terbesar di tanah air itu akan membela tim merah putih di ajang FIBA 3x3 World Cup 2019 di Ulaanbaatar, Mongolia.

Empat pemain itu adalah Sophia Adventa Rebecca, Amelia Ryan Wardhany, Adelaide Wongso, dan Valencia Angelique. Sophia dan Amelia adalah skuad Honda DBL Indonesia All-Star 2018. Sedangkan Adelaide merupakan MVP Honda DBL Indonesia All-Star 2017. Sama seperti Adelaide, Valencia juga merupakan alumni Honda DBL Indonesia All-Star 2017. Mereka akan turun di sektor putri kejuaraan dunia U-18

Ellen, sapaan Valencia, memiliki jam terbang yang cukup tinggi di kompetisi internasional FIBA 3x3. Ia tercatat sudah tiga kali tergabung dalam timnas putri 3x3. Dari tiga penampilannya tersebut, Ellen berhasil membawa pulang satu medali emas di FIBA 3x3 U-18 Asia Cup 2017.

Indonesia akan tergabung di Pool D bersama Jepang, Rumania, Swiss, dan Belgia. Jepang akan menjadi lawan pertama yang dihadapi hari ini. Juga Rumania di hari yang sama.

Berikutnya, Kamis lusa (6/6), Sophia dkk akan menghadapi Swiss pada sore hari. Dan Belgia pada malam hari. Seluruh pertandingan akan disiarkan di akun YouTube FIBA 3x3.

Tidak semua negara bisa mengikuti FIBA 3x3 World Cup 2019. Hanya negara-negara memilki poin di 20 besar ranking FIBA 3x3 yang bisa berpartisipasi. Poin tersebut dihitung dari 100 pemain teratas dari suatu negara yang sudah terdaftar di Play.FIBA3x3.com. Jumlah poin ini sangat bergantung pada jumlah pemain dan frekuensi pertandingan yang ada di negara tersebut.

Indonesia yang berada di urutan ke-17 ranking FIBA 3x3 putri bisa lolos ke fase playoff jika berada di puncak atau runner-up klasemen Pool D. Setelah itu, mereka akan masuk ke fase playoff dengan sistem gugur hingga ke babak final.

Skuad putri Indonesia sendiri pernah berlaga dikompetisi ini sebanyak dua kali. Yaitu musim 2013 yang diselenggarakan di Jakarta dan musim 2015 di Debrecen, Hongaria. (*)

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS